Cara Buat Mini Box Studio untuk Foto Produk Makanan Ringan

Cara Buat Mini Box Studio untuk Foto Produk Makanan Ringan

Design

Jika Anda hendak mengambil foto produk makanan ringan selain menggunakan meja, Anda bisa mencoba untuk menggunakan mini box. Mini box yang biasanya dibeli di online shop seharag Rp 50 ribuan bahkan bisa lebih, ternyata bisa Anda buat sendiri dengan menggunakan kardus.

Dengan pembuatan yang tepat, dilengkapi dengan lighting dan pengambilan gambar yang tepat, membuat foto Anda akan lebih menarik dan bisa diupload di sosial media baru. Cara untuk membuat mini box studio yaitu:

  • Ambil kotak sepatu atau kardus terlebih dahulu. Sebaiknya kardus atau kotak tersebut cukup kokoh. Siapkan pula pena atau pensil, penggaris, cutter ataupun gunting untuk melubangi.
  • Ukur 1 cm dari pinggir kardus selain bagian bawah. Potong hingga masing-masing sisi dari kardus tersebut berlubang.
  • Gunakan kain atau kertas yang berwarna putih di bagian yang berlubang tersebut.
  • Posisikan kardus dengan bagian yang tidak berlubang sebagai background.
  • Setelah itu rekatkan lagi kertas atau kain memanjang di bagian background dan pastikan ukurannya pas dari background melengkung memanjang hingga ke bagian depan. Jangan sampai kertas tersebut terlipat agar tampilan foto produk makanan ringan menjadi lebih menarik.

Untuk lighting, Anda bisa menggunakan lampu duduk dan ditempatkan di kanan kiri kardus ataupun bagian atas, jika Anda merasa terlalu terang, Anda bisa menambahkan kertas lagi atau atur pengaturan di kamera Anda.

Cara Buat Mini Box Studio untuk Foto Produk Makanan Ringan
Cara Buat Mini Box Studio untuk Foto Produk Makanan Ringan

Trik Mendapatkan Foto Menarik

Setelah mini box sederhana sudah Anda buat, Anda bisa mencoba untuk mengambil foto menggunakan properti tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Tempatkan makanan ringan yang akan Anda foto. Pastikan dulu jika produk tersebut ukurannya tidak terlalu besar dan muat di box yang Anda buat tersebut.
  • Anda bisa mencoba mengatur penempatan makanan sesuai dengan keinginan Anda. bisa juga ditambah dengan aksesoris lain, misalnya mangkuk untuk tempat snack.
  • Pastikan jika foto bisa mengambil fokus dari makanan ringan tersebut. Hindari pula menggunakan flash karena akan memantul pada bungkus makanan ringan sehingga hasilnya kurang maksimal.
  • Setelah itu, Anda bisa mencoba mengetes terlebih dahulu. Petrimbangkan pencahayaannya dan pengambilan gambarnya. Cek apakah terlalu terang atau tidak.
  • Jika terlalu terang, Anda bisa mengakalinya dengan menjauhkan sedikit lampu duduk yang Anda gunakan atau mengatur bagian kameranya.
  • Setelah itu, Anda bisa berkreasi sesuka hati Anda.
  • Jika merasa ada yang kurang misalnya terlalu terang setelah Anda mengambil gambar, Anda bisa menggunakan software editing. Anda bisa mengedit tone sesuka Anda namun tetap pastikan tidak merubah warna dari makanan ringan tersebut.

Demikian cara membuat mini box dan juga trik singkat untuk dapatkan foto produk makanan ringan yang menarik. Tetap berkreasi dan selamat mencoba!