Tahapan dan Tips Membangun Website dengan Riset Keyword

Tahapan dan Tips Membangun Website dengan Riset Keyword

website

Dalam membangun sebuah website, Anda tidak bisa berhenti di proses instalasi platform ataupun tema. Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk membangun website dan memiliki trafik yang tinggi. Lalu, apa tips membangun website yang perlu dilakukan?

Tips membangun website yang pertama adalah dengan riset keyword atau kata kunci. Kenapa kata kunci penting untuk website?

Kata kunci dipergunakan untuk memudahkan user untuk mencari dan menemukan informasi yang dibutuhkan. Kata kunci tersebut dimasukkan ke dalam kolom pencarian. Setelah itu, mesin pencari akan mencari artikel atau website yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Semakin tepat penggunaan kata kunci maka kemungkinan untuk terindeks dan muncul di halaman pencarian juga lebih besar. Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan keyword yang tepat?

Tahapan dan Tips Membangun Website dengan Riset Keyword
Tahapan dan Tips Membangun Website dengan Riset Keyword

Caranya adalah dengan riset. Misalnya Anda melakukan riset dulu dan menemukan long keyword tips menjadi penulis profesional untuk membuat artikel.

Namun, bagaimana cara riset keyword? Cara riset keyword yang mudah adalah dengan menggunakan tools seperti Ahref, Moz, SEMRush. Tahapan untuk riset keyword tersebut adalah:

  • Tetapkan goal lebih dulu

Anda harus tahu apa yang ingin Anda capai dari riset keyword tersebut. Apakah hanya sebatas untuk keperluan iklan, menaikkan trafik jangka dekat atau trafik jangka panjang. Penentuan goal ini akan membantu Anda memilih keyword yang tepat.

Misalnya untuk jangka pendek, Anda bisa mencari tahu mengenai apa yang sedang happening lewat google trend atau media online. Dengan begitu, Anda bisa mencari keyword yang sesuai dengan trend saat itu.

  • Tentukan tema atau niche

Tentukan dulu tema atau artikel apa yang ingin Anda bidik. Dari tema atau artikel yang ingin Anda buat tersebut, Anda bisa membidik keyword mana yang ingin Anda gunakan.  

  • Mencari keyword dasar

Pada dasarnya, ada 2 jenis keyword yaitu short tail dan long tail. Keyword long tail biasanya digunakan untuk keyword turunan atau keyword yang spesifik. Sedangkan short tail digunakan sebagai keyword dasar atau keyword umum.

Setelah tahu short dan long tail keyword, bandingkan dan pilih keyword yang akan ditentukan. Jika website Anda masih baru, akan lebih baik memilih long tail keyword. Ini karena short tail memiliki persaingan yang lebih besar sehingga artikel/website Anda akan susah di indeks mesin pencari.

  • Analisa hasil pencarian keyword

Untuk tahu volume pencarian, Anda bisa menggunakan tools atau di fitur keyword planner yang ada di google adwords. Anda hanya perlu masuk ke google adword > keyword planner > get search volume data and trend > upload list keyword yang sudah Anda pilih sebelumnya > klik get search volume.

Nantinya, Anda bisa melihat pencarian keyword yang Anda pilih. Urutkan dari volume pencarian tertinggi hingga terendah.

Setelah itu, Anda juga harus cek tingkat persaingan keyword. Sayangnya, untuk mencari tahu persaingan kata kunci, Anda harus menggunakan tools. Setelah dianalisa, Anda baru bisa mengeksekusi keyword di website Anda.

  • Eksekusi keyword

Aplikasikan keyword tersebut di artikel. Hindari meletakkan keyword terlalu banyak agar tidak dianggap spam. Gunakan keyword dengan desnity sebanyak 1% saja lebih maksimal.

Itulah cara riset keyword sebagai salah satu tips membangun website yang perlu Anda perhatikan. Semoga berhasil.