5 Tips Memilih Nama Website untuk Bisnis

5 Tips Memilih Nama Website untuk Bisnis

website

Memilih nama bisa dibilang susah-susah gampang. Namun yang pasti, memilih nama seperti nama website bisnis, perlu pertimbangan yang matang. Karena itu, simak tips memilih nama website untuk bisnis seperti berikut ya.

  • Jenis Bisnis

Cara paling mudah adalah menyesuaikan dengan bisnis Anda. Cara ini akan lebih mudah jika Anda sudah memiliki bisnis yang dijalankan. Anda hanya perlu menggunakan nama bisnis tersebut untuk domain Anda.

Namun, bagaimana jika belum punya bisnis sama sekali? Cobalah untuk menyesuaikan nama domain dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda memiliki bisnis makanan dan minuman yang rasanya manis, maka Anda bisa menggunakan nama Suwity dari kata sweety.

  • Hindari Konotasi Negatif

Tips memilih nama website yang kedua adalah menghindari konotasi negatif. Ini karena konotasi negatif akan memberikan citra buruk untuk usaha Anda dan ini jelas akan merugikan.

Pilih nama yang memberikan kesan positif. Setidaknya jangan menggunakan konotasi negatif, baik tulisan, pengucapan ataupun pemotongan katanya. Dengan begitu, orang tidak akan salah paham dan image bisnis Anda bisa tetap terjaga.

  • Mudah Diketik dan Diingat

Jika Anda memiliki web Bandung Anda bisa menuliskan Kembangwangi sebagai domain. Bandingkan jika Anda memilih domain Kuembangwangy. Dari kedua penulisan tersebut, kira-kira penulisan mana yang mudah diketik, diingat dan dilafalkan?

Pastinya Kembangwangi yang lebih mudah diingat, diketik, dilafalkan. Kemudahan tersebut akan membantu pangsa pasar Anda untuk mengunjungi website bisnis yang dimiliki. Alhasil, trafik website akan meningkat.

Jika pelafalannya susah, akan menimbulkan konotasi dan pemahaman yang lain. Sedangkan jika penulisannya susah, calon visitor Anda bisa saja kesasar ke website lain yang memiliki nama domain yang hampir sama.

Agar lebih mudah diingat, dilafalkan dan ditulis, gunakan nama yang pendek dan hindari kombinasi angka dan simbol. Cobalah untuk menuliskan beberapa nama domain dan kemudian minta orang lain untuk mendengarkan dan menuliskan, domain mana yang mudah untuk dituliskan dan didengar. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan domain yang tepat.

  • Lakukan Riset

Jangan lupa untuk melakukan riset nama domain! Kesamaan nama domain terutama untuk keperluan bisnis bisa menyebabkan masalah hukum. Maka dari itu, coba periksa di website database merk dagang terlebih dahulu.

Kemudian, Anda bisa memilih nama yang tepat dan cek apakah nama domain tersebut sudah diambil atau belum. Jika belum, maka Anda bisa menggunakannya. Namun jika tidak, maka Anda harus mencari domain yang lain.

  • Gunakan Ekstensi yang Tepat
5 Tips Memilih Nama Website untuk Bisnis
5 Tips Memilih Nama Website untuk Bisnis

Ada beberapa ekstensi website yang biasanya digunakan untuk keperluan bisnis, diantaranya adalah:

  1. .com: untuk website komersial dan komunitas.
  2. .net: website yang membahas hal teknis. Anda bisa menggunakannya untuk website yang menawarkan produk infrastruktur internet.
  3. .boz: untuk website bisnis dan komersial.

Pilih ekstensi mana yang sekiranya tepat dan kemudian daftarkan nama domain tersebut. Dengan begitu, orang lain tidak akan bisa menggunakan nama tersebut untuk keperluan apapun.

Lewat beberapa tips memilih nama website untuk keperluan bisnis tersebut, semoga membuat Anda lebih mudah menentukan domain Anda ya.