Bagaimana Cara Desain Logo di Photoshop untuk Pemula?

Bagaimana Cara Desain Logo di Photoshop untuk Pemula?

Design

Salah satu software yang bisa Anda gunakan untuk membuat logo adalah Photoshop. Anda bisa menggunakan Photoshop versi manapun yang Anda miliki di komputer Anda. Namun, bagaimana cara desain logo di Photoshop?

Sebelum Anda mencoba membuat logo di Photoshop, jika Anda masih pemula, maka Anda harus mengenal Photoshop lebih dahulu. Setidaknya, Anda harus mengetahui menu, toolbar dan fungsinya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk belajar dan membuat logo sesuai dengan yang Anda inginkan.

Setelah itu, tahu plus minusnya terlebih dahulu. Beberapa keunggulan dan kelemahan dari Photoshop adalah:

  • Keunggulan:
  1. Warna dan efek bisa lebih divariasi.
  2. Mudah untuk digunakan.
  • Kekurangan:
  1. Butuh space yang cukup besar.
  2. Hasil gambar grafik sehingga jika diperbesar, gambar akan pecah.

Jika sudah, lakukan cara desain logo di Photoshop berikut ini:

Cari Referensi

Karena Anda masih pemula dan belum terlalu mengerti mengenai photoshop dan bagaimana cara membuat logo, maka cari referensi dulu. Referensi ini bisa membantu Anda belajar untuk mendesain logo. Nantinya, Anda bisa mencoba untuk berkreasi sendiri dari referensi yang Anda gunakan untuk belajar.

Jika Anda sudah mendapatkan referensinya, Anda bisa langsung mencoba untuk membuat.

Bagaimana Cara Desain Logo di Photoshop untuk Pemula?
Bagaimana Cara Desain Logo di Photoshop untuk Pemula?

Langsung Membuat

Untuk membuat logo, Anda bisa ikut referensi yang Anda cari tadi, bisa juga langsung berkreasi dengan bentuk desain yang sudah Anda buat. Salah satu contoh cara membuat logo di Photoshop yaitu:

  • Buka photoshop dan buka file baru.
  • Atur resolusi setidaknya 500px dan gunakan background transparan.
  • Pilih font yang menarik untuk Anda gunakan. Pilih jenis font yang mudah dibaca tetapi tidak terlihat terlalu umum.
  • Atur tulisan tersebut, misalnya ukuran atau warnanya. Jika bisa, Anda dapat memodifikasi tulisan tersebut sehingga terlihat lebih unik.
  • Jika perlu, Anda bisa menambahkan efek seperti bayangan. Hindari untuk menggunakan text terlalu banyak karena akan membuat logo terlihat berantakan dan tidak fokus.
  • Anda bisa menambahkan gambar, shape atau icon. Agar lebih mudah, Anda bisa mencari di microblog seperti freepik.
  • Posisikan setiap elemen yang Anda gunakan, seperti gambar dan tulisan, dengan presisi yang pas. Coba rasakan, apakah gambar tersebut terlihat aneh, tepat atau ada yang kurang.
  • Jangan lupa untuk memilih warna yang tepat sesuai dengan logo yang ingin Anda buat.
  • Jika sudah, Anda bisa menyimpannya dalam bentuk .jpg atau .png.

Setelah itu, jangan lupa untuk terus berlatih agar kemampuan Anda di bidang desain logo semakin meningkat. Namun, jika selama Anda belajar ternyata Anda butuh logo untuk bisnis, jangan ragu untuk ke jasa desain logo murah berkualitas.

Jadi, kunci dalam cara desain logo di Photoshop adalah kreativitas, mau belajar dan terus berlatih. Jika 3 hal tersebut bisa Anda lakukan, maka kemampuan desain Anda akan semakin meningkat.