Cara Membuat Desain Interior dengan Corel Draw

Design Property

Corel Draw adalah salah satu software desain grafis terbaik untuk membuat berbagai jenis desain. Cara membuat desain interior dengan Corel Draw pun tidak terlalu sulit karena tampilan pengguna yang sangat mudah dan praktis. Corel Draw juga menyediakan banyak fitur dan fungsi canggih yang banyak dimanfaatkan oleh jasa desain interior murah.

Jika dijelaskan secara rinci, desain interior di Corel Draw akan menjadi pembahasan yang sangat panjang. Di artikel ini, kami menyajikan beberapa aspek penting yang harus Anda ketahui jika ingin membuat desain interior di Corel Draw. Sebagai panduan awal Anda dalam menggunakan Corel Draw untuk desain interior, Anda bisa membaca uraian berikut ini.

 

Cara Membuat Desain Interior dengan Corel Draw : Warna, Perspektif, dan Bayangan

  • Warna

Cara membuat desain interior dengan Corel Draw yang terpenting adalah kombinasi warna. Corel Draw menyediakan palet yang lengkap dengan rentang warna yang sangat beragam. Anda bisa bereksperimen dengan memadukan beberapa warna dari palet dan mencari kecocokan terbaik antara satu dengan lainnya.

Selain warna-warna solid, Anda juga bisa membuat warna gradient di Corel Draw. Gradient bisa dibuat dari dua warna atau lebih, tergantung kebutuhan dan selera Anda. Gradient sangat penting jika Anda ingin menghasilkan desain yang estetik dan dinamis. Semuanya bisa Anda akses melalui palet yang biasanya terletak di bagian bawah. Tentu saja Anda bisa mengatur penempatannya sesuai keinginan.

 

  • Perspektif

Jika Anda sudah memasuki tahap 3D modelling, maka perspektif menjadi unsur penting yang harus Anda pelajari. Cara membuat desain interior dengan Corel Draw memuat aspek perspektif yang bisa Anda coba di menu #D Modelling – perspectives. Fitur ini berfungsi untuk mengubah sudut pandang Anda terhadap ruangan atau objek tertentu.

Cobalah membuat sebuah objek tiga dimensi. Kemudian, gunakan fitur perspektif untuk memutar onjek tersebut ke berbagai arah. Anda akan melihat bagaimana gambar Anda dipandang dari berbagai sisi dan sudut pandang. Langkah ini sangat penting dalam menentukan sudut pandang ruangan pada tahap pembuatan sketsa interior.

 

  • Bayangan

Desain interior tiga dimensi harus dibuat serealistis mungkin. Layaknya objek di dunia nyata, objek dalam desain Anda juga harus memiliki bayangan yang dibuat dengan ukuran dan penempatan yang tepat. Bayangan objek harus diukur berdasarkan ukuran objek dan arah datangnya cahaya agar terlihat nyata.

Efek ini bisa Anda gunakan di menu Drop Shadow. Setelah memberikan bayangan pada objek, Anda bisa mengatur posisi dan ukuran bayangan tersebut sesuka hati. Pertimbangkan ukuran dan arah cahaya agar bayangan Anda terlihat realistis dan membentuk sketsa tiga dimensi yang natural.

 

Buat Desain Interior Terbaik dengan Corel Draw

Selain ketiga poin di atas, masih banyak aspek penting lain yang harus Anda ketahui dalam Corel Draw. Pada dasarnya, setiap fitur di Corel Draw memiliki fungsi yang pasti Anda butuhkan untuk jenis desain tertentu. Teruslah bereksperimen dengan mencoba fitur-fitur yang belum Anda ketahui sebelumnya. Dengan latihan yang tekun, Anda akan mengetahui cara membuat desain interior dengan Corel Draw sampai menghasilkan desain yang profesional dan berkelas.