Inilah Tipe Backlink yang Dibenci Google, Wajib Dihindari

Inilah Tipe Backlink yang Dibenci Google, Wajib Dihindari

Others website

Pengelola website perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa jenis backlink yang dibenci Google. Penggunaan backlink sebagai langkah untuk mengoptimasi website memang sangat efektif. Namun rupanya masih banyak yang belum memperhatikan kriteria maupun kualitas pembuatan backlink dan membangunnya dengan cara sembarangan. Hal ini justru berakibat buruk bagi kinerja website.

Backlink sendiri secara sederhana didefinisikan sebagai link atau tautan dari situs lain ke situs Anda. Logikanya, semakin banyak link yang mengarah ke website Anda menandakan bahwa situs itu populer dan terpercaya sehingga menaikkan rangking. Namun beberapa tipe backlink berikut rupanya tidak disukai Google sehingga wajib dihindari.

Tukar Link Secara Berlebihan

Tipe backlink yang dibenci Google pertama yaitu metode tukar link dengan berlebihan. Trik ini memang awalnya berdampak baik pada kinerja website. Namun seiring dengan perkembangan algoritma Google, cara ini ternyata berisiko buruk untuk situs Anda apalagi jika dilakukan dalam jumlah berlebihan.

Meski demikian metode ini masih bisa Anda terapkan dengan membatasi jumlahnya. Usahakan Anda tidak menerapkan metode tukar link lebih dari 10 tautan karena Google dapat memberikan rangking buruk. Jika ini terjadi otomatis situs Anda sulit ditemukan bahkan tidak dapat terindeks di Google.

Ragam Backlink yang Kurang Variatif

Jumlah backlink yang banyak belum tentu memberikan hasil optimal pada sebuah website. Salah satu cara membuat backlink lebih berkualitas adalah membangunnya di beberapa saluran berbeda. Membangun backlink dari satu jenis platform secara masif dan intens dapat dicurigai Google. Ini menjadi tipe backlink yang dibenci Google lainnya.

Google dapat membacanya sebagai aktivitas yang tidak wajar. Untuk itu Anda perlu membangunnya di beberapa platform berbeda seperti Twitter, Facebook, advertorial, forum, web 2.0, blog comment, social bookmark dan sebagainya. Cara ini lebih aman dan dapat berdampak positif pada website Anda sehingga berpotensi muncul ke halaman teratas.

Backlink dari Situs Berbahasa Asing

Tipe backlink yang dibenci Google berikutnya dan harus Anda hindari yaitu berasal dari situs berbahasa asing. Syarat backlink berkualitas diantaranya adalah memiliki relevansi dengan halaman website yang dituju. Menanamkan backlink di website yang menggunakan bahasa berbeda tentu tidak memenuhi kriteria tersebut.

Untuk itu, upayakan agar situs kelolaan Anda memperolehnya dari web yang menggunakan satu bahasa. Selain itu, persamaan topik juga akan memperkuat kualitas backlink karena dianggap relevan. Namun jika kesulitan dalam menanamnya, Anda dapat menggunakan syarat backlink profesional agar hasil optimasi maksimal dan meningkatkan rangking di mesin pencari Google.

Mengelola website bisnis memang perlu memahami dan menerapkan berbagai teknik SEO. Membangun backlink yang berkualitas menjadi salah satu langkah efektif sehingga teknik SEO Anda lebih maksimal hasilnya. Hindari hanya memperhatikan kuantitasnya melainkan juga harus menghindari jenis backlink yang dibenci Google agar rangking website semakin baik.